Sabtu, 30 Maret 2013

Bagaimana Membenahi Hukum Ekonomi di Indonesia ( Agar Investor Asing mau Menanamkan Modalnya )

Hukum ekonomi adalah peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari. Hukum ekonomi lahir disebabkan oleh semakin pesatnya pertumbuhan dan perkembangan perekonomian yang berfungsi untuk mengatur dan membatasi kegiatan ekonomi dengan tujuan pembangunan perekonomian dengan tidak mengabaikan hak-hak kepentingan masyarakat. Inti dari permasalahan ekonomi yang kita lihat adalah karena adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas yang terbatas.
Seperti yang telah diketahui, bahwa Negara Indonesia adalah negara hukum. Berbagai hukum dapat ditemukan di Indonesia. Termasuk hukum ekonomi itu sendiri. Ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku Ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Negara yang menjunjung tinggi penegakan hukum ekonomi dijalankan atas dasar hukum yang adil dan baik maka perekonomian negara tersebut akan berjalan dengan lancar. Di Indonesia juga akan tercipta perekonomian negara yang baik jika adanya sistem hukum yang baik, adil, dan transparan.

Bagaimana hubungannya dengan negara lain misalnya investor asing ? Investor asing adalah orang atau badan dari negara lain yang menaruh dananya dalam suatu bisnis. Upaya Indonesia untuk meningkatkan investasi dalam negeri dan asing sejalan dengan tujuan pemerintah yang lebih luas yaitu mengurangi ketimpangan sosial dan mengurangi pengangguran. Cara terbaik untuk mencari investor asing adalah dengan menggunakan media online internet. Dimana kita bisa mengenalkan Indonesia kepada negara lain melalui media online internet sehingga investor asing mau menanamkan modalnya. Selain itu juga banyak situs penyedia layanan yang mempertemukan antara investor. Peranan investor asing menanamkan modalnya di Indonesia, saat ini arus dana investor asing ke bursa saham Indonesia akan terus mendongkrak Indeks Harga Saham Gabungan ke pencapaian rekor tertingginya. Namun, peran investor asing itu perlu diwaspadai seiring belum stabilnya perekonomian global.
Investasi luar negeri kini memainkan peran penting dalam proses internasionalisasi bisnis. Perubahan yang sangat besar telah terjadi baik dari segi ukuran, cakupan, dan metode Investasi asing dalam dekade terakhir. Perubahan-perubahan ini terjadi karena perkembangan teknologi, pengurangan pembatasan bagi investasi asing dan akuisisi di banyak negara, serta deregulasi dan privatisasi di berbagai industri. Berkembangnya sistem teknologi informasi serta komunikasi global yang makin murah memungkinkan manajemen investasi asing dilakukan dengan jauh lebih mudah.
Sebenarnya Indonesia memiliki potensi yang sangat-sangat besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negeri ini. Dari sektor sumber daya alam, pariwisata, kuliner dan lain-lain dapat menjadi daya tarik Indonesia untuk mendapatkan investor-investor asing. Di sinilah investor asing mempunyai peran penting untuk ikut membantu kelancaran pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Investor asing sangat membantu Indonesia untuk ikut serta dalam proses bisnis internasional. Semakin banyak investor asing yang masuk Indonesia, semakin terlihat juga Indonesia di mata dunia. Tentu apapun yang masuk dari luar pasti memiliki dampak positif dan dampak negatif. Berikut lah dampak-dampak yang terjadi bila investor asing masuk ke Indonesia.

Dampak Positif
Pemerintah memberi perhatiaan pada investasi luar negeri karena aliran investasi yang masuk dan keluar dari negara mereka bisa mempunyai akibat yang signifikan. Para ekonom menganggap investasi asing sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi karena memberi kontribusi pada ukuran-ukuran ekonomi nasional seperti Produk Domestik Bruto (PDB/GDP), Gross Fixed Capital Formation (GFCF, total investasi dalam ekonomi negara tuan rumah) dan saldo pembayaran. investasi asing mendorong pembangunan karena-bagi negara tuan rumah atau perusahaan lokal yang menerima investasi itu akan menjadi sumber tumbuhnya teknologi, proses, produk sistem organisasi, dan ketrampilan manajemen yang baru. Lebih lanjut, investasi asing juga akan membuka pasar dan jalur pemasaran yang baru bagi perusahaan, fasilitas produksi yang lebih murah dan akses pada teknologi, produk, ketrampilan, dan pendanaan yang baru. Para ekonom menganggap investasi asing sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi karena memberi kontribusi pada ukuran-ukuran ekonomi nasional seperti Produk Domestik Bruto (PDB/GDP), Gross Fixed Capital Formation (GFCF, total investasi dalam ekonomi negara tuan rumah) dan saldo pembayaran. investasi asing mendorong pembangunan karena-bagi negara tuan rumah atau perusahaan lokal yang menerima investasi itu akan menjadi sumber tumbuhnya teknologi, proses, produk sistem organisasi, dan ketrampilan manajemen yang baru. Lebih lanjut, investasi asing juga akan membuka pasar dan jalur pemasaran yang baru bagi perusahaan, fasilitas produksi yang lebih murah dan akses pada teknologi, produk, ketrampilan, dan pendanaan yang baru.

Dampak Negatif
Investor asing juga memberikan dampak negatif bagi perkembangan negara Indonesia, terlalu memberikan kebebasan dan kontrol yang terlalu luas dalam mengatur, mengendalikan, dan mengembangkan segala sesuatunya. Terlalu berkuasanya Investor asing inilah yang memberikan dampak negatif. Menguras potensi sumber daya yang ada terutama dalam pengelolaan sumber daya alam. Investor lokal selalu kalah dalam persaingan mengembangkan potensi yang ada di Indonesia. Di sinilah perlunya peran investor lokal sebagai penyeimbang kekuatan investor asing. Pasar modal Indonesia perlu didukung oleh basis investor lokal yang kuat sehingga, ketika investor asing keluar, investor lokal tetap bisa mengimbanginya. Kalaupun investor lokal masih mengikuti pola transaksi yang dilakukan oleh investor asing, hendaknya tidak terlalu berlebihan, apalagi sampai mendewakannya.

Dengan memperbaiki dan membuat hukum yang tegas untuk mengatur perekonomian negara maka akan membuat perekonomian menjadi lebih baik dan terarah. Selain itu perbaikan dari segi moral bangsa untuk menciptakan persatuan bangsa, industri yang berjalan dengan baik dan tidak terjadinya kecurangan akan membuat kesejahteraan sosial meningkat. Yang paling penting adalah perbaikan dari pemerintah dan para pejabat hukum yang bersih, adil dan jujur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar