Kamis, 25 April 2013

Andai Aku Jadi Menteri Perekonomian

Sangat banyak problema yang di hadapi suatu negara tentang yang namanya masalah ekonomi,mulai dari masalah negara untuk masyarakatnya atau juga dari negara untuk negaranya sendiri yang tak pernah ada habisnya. Semua negara atau kelompok tertentu tak habis-habisnya memikirkan bahkan melakukan apapun untuk mensukseskan strategi yang sudah di rencanakan. Dan semuanya itu pasti tidak akan menghasilkan yang namanya sebuah kesempurnaan dalam berstrategi.
Contohnya negara kita sendiri,dari dulu sangat banyak strategi yang sudah di jalankan oleh orang-orang tertentu untuk memajukan perekonomian, semuanya itu pasti hanya untuk mensejahterakan rakyatnya dan untuk memajukan perekonomian bangsa di kancah internasional. Baik buruknya pun juga sudah dirasakan oleh orang-orang tersebut bahkan kita sebagai masyarakatnya.
Salah satu penyebab penghambat perbaikan perekonomian di Indonesia adalah banyaknya hutang pemerintah / negara yang terlalu tinggi baik di dalam maupun diluar negeri. Perencanaan pembangunan sangat diperlukan khususnya Negara Indonesia, yang salah satu tujuan pentingnya adalah untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Pembangunan Nasional di Indonesia adalah pembangunan untuk mencapai tujuan nasional yang nyata seperti yang tertulis dalam UUD 1945 Indonesia.
Dan sebuah pembangunan yang mengarah pada proses perbaikan yang memungkinkan pertumbuhan berkelanjutan (proses mandiri) tergantung pada masyarakat dan struktur sosial dan terutama tergantung pada para pemimpin nasional, sedangkan strategi Pembangunan Nasional adalah rantai kebijakan dan aplikasi tentang Pembangunan Nasional.

Secara garis besar ada 4 permasalahan Ekonomi Indonesia yang mendasar, yaitu :
• Kondisi mikro sektor perbankan dan dunia usaha serta dampaknya terhadap kondisi makro ekonomi,
• Tingkat kompleksitas skala permasalahan yang dihadapi serta dampaknya terhadap implementasi kebijakan ekonomi,
• Kondisi sosial politik dan keamanan serta kaitannya dengan risiko usaha,
• Kondisi ekonomi global

Ada 5 strategi pembangunan ekonomi yang dapat dipilih, yakni strategi pembangunan yang berorientasi pada pertumbuhan dengan tujuan pokok untuk meningkatkan GNP, strategi pembangunan yang berorientasi pada penciptaan lapangan kerja dengan sasaran peningkatan dalam kesempatan kerja produktif dan meningkatkan redistribusi pendapatan, strategi pembangunan yang berorientasi pada penghapusan kemiskinan dengan tujuan penghapusan kemiskinan dan peningkatan kesempatan kerja produktif dan peningkatan GNP kelompok miskin dan strategi pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dasar (The Basic Necessity Oriented). Semua strategi pembangunan bertujuan pada perbaikan kualitas hidup, peningkatan produksi barang-barang dan jasa-jasa, penciptaan lapangan kerja baru dengan upah yang sesuai dengan harapan tercapainya tingkat hidup minimal untuk semua rumah tangga sampai batas maksimal.
Perencanaan ekonomi mengandalkan pengaturan dan pengarahan kegiatan melalui tindakan yang terkoordinasi secara sistematis oleh pemerintah dengan tujuan mencapai target-target tertentu, berdasarkan tujuan-tujuan tertentu, dan dengan cara sebaik mungkin dalam periode waktu tertentu. Untuk itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan sejumlah target untuk mendorong pembangunan ekonomi nasional hingga lima tahun mendatang di bidang ekonomi dan kesejahteraan sosial untuk percepatan pembangunan.

Beberapa strategi pemerintah untuk mempercepat pembangunan yaitu :
1. Pertumbuhan pembangunan ekonomi harus lebih tinggi.
2. Pengangguran harus menurun dengan menciptakan lapangan kerja lebih banyak.
3. Tingkat kemiskinan harus semakin menurun.
4. Pendapatan per kapita harus meningkat.
5. Stabilitas ekonomi harus terjaga.
6. Pembiayaan (financing) dari dalam negeri harus kuat dan meningkat.
7. Ketahanan pangan dan air.
8. Ketahanan energi.
9. Daya saing ekonomi makin meningkat
10. Green economy atau ekonomi ramah lingkungan.

Mekanisme perencanaan ekonomi di Indonesia dimulai dari penetapan GBHN, kemudian dijabarkan dan dioperasionalkan melalui APBN. Perencanaan ekonomi berisikan model-model perencanaan tertentu. Ada 3 model utama yang sering digunakan, yaitu model agregatif, model sektoral, model multisektoral. Strategi penyusunan rencana induk meliputi tiga elemen utama, yaitu mengembangkan enam koridor ekonomi Indonesia dengan membangun pusat-pusat pertumbuhan di setiap koridor. Ini dengan mengembangkan kluster industri dan atau kawasan ekonomi khusus yang berbasis sumber daya unggulan. Selain itu, memperkuat konektivitas, nasional yang meliputi konektivitas intra dan antarpusat pertumbuhan di pulau dan pintu perdagangan internasional. Sedangkan elemen ketiga mempercepat kemampuan iptek nasional untuk mendukung pengembangan program utama. Rencana induk, lanjutnya akan memuat delapan program utama, di mana di dalamnya terdapat 18 aktivitas ekonomi. Kedelapan program itu meliputi bidang industri, pertambangan, pertanian, kelautan, pariwisata, telekomunikasi, energi, dan pembangunan kawasan.

Program utama industri meliputi enam aktivitas ekonomi, yaitu pengembangan industri baja, pengembangan industri makanan-mi-numan, industri tekstil, industri mesin sangat dan peralatan transportasi, industri perkapalan, dan pengembangan lahan pangan. Sedangkan program utama pertambangan itu meliputi aktivitas pengembangan pengolahan nikel, pengembangan pengolahan tembaga, dan pengembangan pengolahan bauksit. Program pertanian itu meliputi pengembangan kelapa sawit dan pengembangan karet, sementara program kelautan meliputipengembangan perikanan. Di sisi lain, bidang pariwisata meliputi kegiatan pengembangan pariwisata serta bidang telekomunikasi meliputi pengembangan telematika. Untuk bidang energi meliputi kegiatan ekonomi, pengembangan batu bara, sertapengembangan minyak dan gas. Sementara program utama kawasan meliputi pengembangan metropolitan Jabodetabek dan pengembangan Jembatan Selat Sunda.

Semua ini tak lepas dari peranan orang-orang yang sangat berpengaruh dalam bidang perekonomian. Diantara orang-orang itu adalah seorang menteri perekonomian yang paling berpengaruh untuk kemajuan perekonomian tersebut. Sejak indonesia merdeka tahun 1945 banyak menteri-menteri perekonomian yang sudah mejabat di negara ini, dan sudah banyak juga strategi-strategi yang mereka jalani untuk memajukan perekonomian dinegara ini.
Jika suatu saat saya berkesempatan menjadi salah satu orang yang sangat berpengaruh dalam bidang perekonomian seperti seorang mentri perekonomian saya akan berusaha meningkatkan daya saing negara ini dengan negara lainnya. Meningkatkan Sumebr daya Ekonomi yang ada agar menjadi negara yang mandiri, kuat dan kokoh. Dan saya akan mengubah cara pandang untuk menjadikan negara Indonesia lebih berkembang di masa yang akan datang dan dapat bersaing dengan negara-negara maju serta berkembang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar