Minggu, 18 Maret 2012

STRATEGI BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

Proses pembelajaran di tingkat perguruan tinggi merupakan kesempatan untuk meraih prestasi yang baik untuk menyiapkan masa depan yang berhasil. Dunia perkuliahan tidak segampang apa yang dilihat dan dipikirkan, karena dunia perkuliahan adalah dunia dimana kita dituntut untuk menjadi dewasa dan mampu menghadapi dunia pekerjaan. Perguruan tinggi merupakan salah satu pengalaman hidup atau pengalaman baru yang menuntut kita untuk mencoba hal-hal baru untuk mencapai keberhasilan. Belajar di perguruan tinggi memerlukan kemandirian dan disiplin pribadi. Mahasiswa tidak hanya datang untuk mencatat bahan kuliah saja, tetapi mahasiswa dituntut untuk berlatih dan berdiskusi. Mahasiswa juga harus lebih aktif dibandingkan dosen, peranan mahasiswa itu sendiri harus mencari ilmu pengetahuan secara mandiri tanpa harus dibimbing, karena dosen hanya sebagai fasilitator yang membantu mahasiswa untuk mencapai pembelajaran.

Keberhasilan dalam menyelesaikan studi di perguruan tinggi dalam waktu yang singkat merupakan impian setiap mahasiswa, keluarga dan orang tua. Namun untuk mencapai sukses yang diinginkan bukanlah suatu hal yang mudah, dikarenakan cara belajar di perguruan tinggi lebih bersifat mandiri dibandingkan dengan cara belajar sewaktu di tingkat sekolah menengah yang lebih banyak dibimbing oleh para guru.

Oleh karena itu, kita harus mempunyai strategi yang tepat dalam belajar di perguruan tinggi. Dengan adanya strategi pembelajaran di perguruan tinggi kita dapat mengubah pembelajaran yang awalnya terkesan monoton dan membosankan menjadi pengalaman hidup yang penuh tantangan yang sangat berharga.

Berikut beberapa strategi belajar menuju sukses di perguruan tinggi :
ᴥ Belajarlah untuk menetapkan tujuan
ᴥ Pergunakan waktu secara efektif
ᴥ Perhatikan dosen saat menyampaikan materi pembelajaran
ᴥ Manfaatkan kesempatan yang ada
ᴥ Mengulang kembali materi yang telah diberikan hingga kita paham dan mengerti
ᴥ Jangan pernah menyepelekan tugas
ᴥ Manfaatkan sarana dan prasarana kampus

Dengan adanya strategi belajar di perguruan tinggi kita dapat mencapai kesuksesan sesuai apa yang telah kita cita-citakan dan lulus tepat pada waktunya tanpa harus mengulur-ngulur waktu kelulusan. Maka dari itu kita jangan samapi menyia-nyiakan kesempatan pada masa keemasan ini. Pada pendidikan terakhir ini masa dimana kita untuk menata masa depan yang akan datang dengan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar