Kamis, 25 April 2013

Menciptakan Usaha Sendiri

Sekarang ini sudah banyak sekali peminat dari masyarakat Indonesia terjun pada dunia photography, baik sebagai pengambil gambarnya yang bisa disebut photographer, atau sebagai objek yang diambil gambarnya menjadi sebuah model yang cantik, bagus dan menarik menjadi faktor meningkatnya produksi percetakan digital di pasaran. Media pencetak yang dipakai untuk saat ini pun mungkin hanya terbatas pada sebuah kertas cetak foto saja.
Para peminat dunia photography ini mungkin sudah bosan dan ingin mencoba sesuatu yang baru di bagian pencetakan dari objek yang telah dihasilkannya. Salah satunya adalah suatu media pencetak yang tidak hanya terfokus pada selembar kertas saja. Melainkan bisa pada berbagai media yang diinginkan sesuai selera.
Perkembangan teknologi cetak digital ini membuka peluang yang beragam bagi kalangan pengusaha cetak, mulai dari usaha print warna, cetak photo, cetak kartu nama, cetak undangan, dan sebagainya. Teknologi ini semakin diminati ketika sistem infus tinta dikenalkan, dimana dengan sistem tinta printer dapat diisi dalam volume yang banyak dan dipantau secara mudah serta dengan sistem infus bisa menekan biaya produksi cetak jauh lebih murah dibandingkan menggunakan tinta original. Selain sistem infus, perkembangan media cetak juga mendorong masyarakat menggunakan cetak digital, dimana media cetak yang tersedia bukan berupa kertas HVS saja tapi meliputi kertas photo, kertas inkjet, plastik, bahkan ke kain sekalipun.
Salah satu terobosan yang dilakukan adalah membuka, menawarkan, menyediakan serta melayani pencetakan hasil foto yang didapat ke sebuah media yang menarik. Karena bentuk kreatifitas setiap orang pun semakin bervariasi dan berbeda-beda juga berbagai macam trend yang kini menjadi style anak-anak remaja Indonesia menjadi salah satu faktor pengaruh dunia photography yang dapat menarik peminatnya maka disini kami mencoba membuat percetakan digital ini berbeda dengan yang lain. Dimana konsumen dapat mendesign sendiri produk yang diinginkan sesuai selera kesukaan masing-masing.
Salah satu jenis usaha yang sedang marak saat ini adalah usaha percetakan digital atau biasa disebut digital printing. Digital printing adalah proses pencetakan gambar atau citra digital ke permukaan material atau media fisik. Umumnya proses ini di gunakan untuk pekerjaan pencetakan dengan volume atau jumlah terbatas. Dapat juga digunakan jika kita menginginkan personalisasi pada gambar yang dicetak atau customize. Personalisasi ini kita kenal dengan istilah “Variable Data Printing”.
Jenis-jenis produk yang ditawarkan adalah percetakan foto atau design-design seperti tulisan, gambar dan sebagainya dalam bentuk digital ke media fisik atau permukaan material. Pada usaha kali ini permukaan materialnya tidak terbatas hanya pada selembar kertas saja. Disini konsumen bisa mencetak hasil objek photographynya atau hasil design pribadi konsumen pada sehelai kain (dalam bentuk seperti kaos, jaket atau baju), untuk spanduk, banner dan lain-lain, dan juga dapat mencetak pada media plastik seperti untuk produksi plastik makanan ringan.
Selain itu konsumen juga dapat mencetak pada benda yang berbahan baku dari kaca atau marmer seperti gelas sebagai medianya. Atau pada bahan-bahan konveksi untuk tas, topi, almamater dan lain-lain. Serta konsumen dapat memesan produk yang disajikan dalam bentuk accesories seperti pin, gantungan kunci, stiker, pulpen dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar