Senin, 29 April 2013

Pengaruh Variabel-Variabel Makro Terhadap Perekonomian Suatu Negara

Ekonomi Makro merupakan ekonomi bersifat luas. Variabel-variabel ekonomi makro diantaranya tingkat pendapatan nasional, konsumsi rumah tangga, investasi nasional, tingkat tabungan, belanja pemerintah, tingkat harga-harga umum, jumlah uang yang beredar, tingkat bunga, kesempatan bekerja, neraca pembayaran, dan lain-lain.

Ekonomi Makro yang membahas mengenai Pendapatan Nasional dengan keseimbangannya, yaitu :
Y = C + I + G + ( X – M )
Ket :
Y = Pendapatan Nasional
C = Konsumsi
I = Investasi
G = Pemerintah
X = Ekspor
M = Impor

Ekonomi makro merupakan salah satu yang mempengaruhi perekonomian Indonesia. Berikut pengaruh dan variabelnya

• INVESTASI
Investasi adalah kemampuan menambah atau menciptakan nilai hidup (penghasilan dan kekayaan). Investasi bukan hanya dalam bentuk fisik, melainkan juga nonfisik, terutana peningkatan kualitas sumber daya manusia. Investasi merupakan penanaman suatu modal yang biasanya sangat besar dan berjangka waktu yang lama dan lebih dari satu periode. Investasi yang dilakukan oleh para Investor baik Investor dalam negeri maupun Investor asing . Dari hasil Investasi tersebut dapat mempengaruhi perekonomian Negara, khususnya Investasi asing yang menanamkan modal nya di Indonesia, maka akan mempengaruhi pendapatan nasional Negara Indonesia .

• PENDAPATAN NASIONAL
Pendapatan nasional adalah jumlah yang diterima oleh seluruh rumah tangga (RTK) disuatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun.

• KESEMPATAN KERJA
Kesempatan kerja adalah banyaknya orang yang dapat bertampung untuk bekerja pada suatu perusahaan atau instansi.

• EKSPOR-IMPOR
Ekspor adalah kegiatan perseorangan atau badan hukum yang menjual barang keluar negeri. Impor adalah kegiatan perseorangan atau badan hukum yang membeli barang dari luar negeri untuk dijual kembali didalam luar negeri. Kegiatan ini sangat berdampak untuk menaikan tingkat pendapatan yang mampu mempengaruhi tingkat perekonomian . Kegiatan ekspor – impor merupakan kegiatan yang memanfaatkan barang yang diperoleh dari sumber daya yang ada. Semakin banyak sumberdaya yang ada maka semakin banyak pula barang yang dapat kita ke ekpor ke Negara lain. Namun kegiatan ekspor – impor ini tidak mudah dilakukan, banyak hal yang harus dipertimbangangkan untuk itu dari mulai pemanfaatan sumberdaya yang benar dan jenis barang yang akan di ekspor. Sedangkan kegiatan impor dilakukan ketika permintaan didalam negeri tinggi terhadap barang – barang yang tidak dapat terpenuhi di pasar dalam negeri. Kegiatan ini juga dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dikarenakan apabila kita mengimpor brang – barang dari Negara lain, dan tingkat permintaan nya tinggi maka dapat terpenuhi sehingga menambh pendapatan nasional negar. Kegiatan ekspor – impor pun juga memiliki resiko yang apabila kegiatannya tidak berjalan secara baik, contohnya apabila kegiatan impor lebih besar dibandingkan kegiatan ekspor. Untuk itu kegiatan ekspor- impor ini sangat harus diperhatikan.

• PENGELUARAN PEMERINTAH
Pengeluaran pemerintah adalah anggaran dana yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk keperluan negara ataupun daerah. Adapun APBN dibedakan menjadi dua yaitu pengeluaran untuk belanja dan pengeluaran untuk pembiayaan.

Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi ekonomi makro di Indonesia

Faktor eksternal yang akan mempengaruhi ekonomi makro Indonesia yaitu :
• Harga minyak mentah internasional relatif stabil
• Perekonomian global diperkirakan akan tumbuh pada level yang moderat
• Proses pemulihan terhadap perekonomian global.

Faktor internal yang akan mempengaruhi ekonomi makro Indonesia yaitu :
• Hutang terhadap PBB yang terus mengalami penurunan.
• Optimalisasi terhadap anggaran belanja negara.
• Meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur.
• Fiscal Sustainability tetap terdukung dengan terkendalinya konsolidasi fiskal.
• Terkendalinya penerapan target inflasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar