Jumat, 05 Juli 2013

Perbedaan Antara Otak Kiri dan Otak Kanan

Pada abad ke-19, telah dilakukan suatu penelitian terhadap orang-orang yang mengalami luka di bagian otak. Dari hasil penelitian diasumsikan bahwa “pusat bahasa” berada pada otak bagian kiri. Sebab, hasil pengamatan menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami luka pada otak kiri, mengalami gangguan pada kemampuan bicara.

Tahun 1960, hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan fungsi dan tugas antara otak kiri dan otak kanan. Otak kiri memiliki fungsi yang berhubungan dengan kemampuan verbal, pemahaman logis, faktual dan kemampuan analitis. Sedangkan, otak kanan memiliki fungsi yang berkaitan dengan persepsi ruang, musik, kreativitas dan emosi. Saat kita memberikan “peta” atau petunjuk arah otak kanan secara otomatis akan bekerja. Selain itu, otak kanan juga menghasilkan kata-kata yang belum sempurna, tetapi memberikan muatan emosi dalam kalimat atau bahasa yang disampaikan. Tanpa bantuan otak kanan, mungkin kita hanya mampu membaca “kucing”, namun tidak mampu membayangkan bentuk kucing tersebut.

Sementara itu, otak kiri merupakan pusat intelligence quotient (IQ), sedangkan otak kanan berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ), seperti sosionalisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain, dan pengendalian emosi. Selain itu, otak kanan juga berhubungan dengan kemampuan intuitif, merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh antara lain menyanyi, menari, melukis dan berbagai macam kegiatan kreatif lainnya. Sekian sedikit pembahasan dari saya mengenai otak iri dan otak kanan, mohon maaf masih banyak kekurangan saya dalam membuat sebuah tulisan. Terimakasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar